Anda tidak akan pernah sukses jika Anda tidak berani melangkah, tidak mau mengambil kesempatan dan selalu menunda untuk mencoba. Anda tidak akan pernah kaya tanpa resiko dan berusaha. Ini adalah fakta kehidupan

Wednesday, November 02, 2011

Bagaimana Agar Baterai Laptop Tahan Lama?

Anda punya laptop? Bagaimana kondisi baterai laptop Anda? Awas lho, jangan sampai pada saat diperlukan, baterai laptop anda malah nge-drop. Memang setiap baterai laptop memiliki umur yang telah ditentukan berdasarkan banyaknya siklus pengecasan dilakukan, namun cara pemakaian dan perawatan juga menentukan usia dari baterai laptop Anda.  Berikut cara perawatan baterai laptop agar tahan lama dalam penggunaan dan kapasitas dari baterai tidak mudah berkurang.

Berikut 3 cara pemakaian dan perawatan baterai laptop:

1.  Cara Pengecasan / Pengisian Baterai

  • Lakukan pengisian penuh pada baterai laptop baru Anda dan biarkan beberapa jam setelah terisi penuh.
  • Pasang baterai setelah pengisian penuh (fully charged 100%), baterai tidak perlu dilepas jika suhu CPU dan Hard Disk (HDD) berkisar antara 40°C hingga 50°C. Walaupun pengisian sudah penuh, energi listrik yang masuk tidak akan mengisi baterai, karena teknologi pada baterai sekarang sudah mampu menghentikan pengisian jika sudah penuh, jadi tidak perlu takut baterai akan menjadi soak akibat over charged yang menyebabkan over heat pada baterai.
  • Lepas baterai dan gunakan UPS (Uninterruptible Power Supply) untuk menghindari pemutusan arus listrik yang mendadak. Jika penggunaan laptop yang berlebihan (seperti bermain game yang butuh energi maksimal) dan dalam jangka waktu lama yang membuat suhu CPU dan HDD di atas 60°C. Panas yang berlebihan pada perangkat lain dapat menjalar ke baterai, sehingga mempengaruhi battery dan pada akhirnya umur dari baterai akan pendek karena kapasitas penyimpanan yang berkurang. Dalam kondisi seperti ini sangat dianjurkan untuk menggunakan pendingin tambahan untuk melindungi hardware lain dari panas yang berlebihan. Namun, jika UPS tidak tersedia sebaiknya baterai tidak perlu dilepas, untuk menghindari kerusakan perangkat lain seperti Hard Disk, Motherboad, RAM, dll, akibat pemutusan aliran listrik yang mendadak serta arus yang tidak stabil.
  • Jika baterai tidak digunakan simpanlah baterai pada suhu yang dingin dan kering. Sebelum melepas baterai, isi baterai hingga penuh terlebih dahulu, dan jangan didiamkan terlalu lama.
  • Isi baterai hingga penuh, dan lakukan pengisian jika kapasitas baterai telah mendekati 10%.
2. Pengaturan / Setting Laptop

  • Atur power baterai, Di Windows ada fitur yang namanya power options. Melalui fitur ini Anda bisa mengatur konsumsi daya laptop.

  • Kurangi brightness, Webuser.co.uk melansir bahwa LCD akan memakan daya baterai. Oleh karena itu Anda disarankan untuk mengurangi brightness laptop seminimal mungkin namun tetap nyaman dipandang mata.

  • Gunakan screen savers 'Blank', Screen saver ternyata bisa menguras baterai. Karena itu gunakan screen saver 'Blank'

  • Kurangi resolusi, Cara lain untuk membuat baterai lebih awet adalah dengan mengurangi resolusi layar dan jumlah warna yang digunakan di laptop.

  • Matikan Wi-Fi, Wi-Fi yang aktif tentu saja ikut memakan konsumsi baterai. Jika tidak berniat memanfaatkan akses nirkabel atau ber-Internet, pastikan Wi-Fi dalam keadaan mati sehingga baterai lebih awet.
3. Gunakan Software Battery Care

BatteryCare sangat cocok untuk diinstall di laptop yang baru agar baterainya tetap terjaga dan awet. Namun BatteryCare juga bisa digunakan di laptop anda yang sudah mulai mengalami penurunan peforma baterai untuk membuat baterainya bisa bertahan hidup dengan lebih lama.

Fitur-fitur BatteryCare antara lain:

1. BatteryCare menggunakan algoritma yang kompleks untuk memonitor siklus discharge Baterai laptop anda sehingga anda tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukan charging atau melepas kabel charge anda. BatteryCare akan mengingatkan anda melalui Pops up kapan anda harus melepas charge dan kapan harus melakukan charge.

2. Memberikan informasi yang lengkap tentang status baterai laptop anda. Ini berguna bagi beberapa jenis laptop yang tidak memberikan informasi lengkap tentang status baterainya. (Kapasitas baterai, konsumsi baterai, manufacturer baterai, tingat penggunaan baterai, dll)

3. BatteryCare akan selalu memonitor temperatur dari CPU dan HDD laptop anda.

4. Dengan BatteryCare anda bisa dengan mudah memilih power plans yang anda inginkan.

5. BatteryCare akan secara otomatis mendisable graphic accelerate theme dan demanding services di windows vista (atau yang lebih populer disebut windows aero theme) ketika baterai anda hanya tersisa sedikit power dan mengenablenya lagi ketika baterai anda sudah berada di level yang aman.

6. BatteryCare memiliki notification area information yang berisi kumpulan informasi penting mengenai baterai laptop anda seperti temperatur, charge status, sisa waktu nyala baterai, serta power plans yang anda gunakan.

7. BatteryCare memiliki fitur auto update. Jika versi baru dari BatteryCare ini dirilis, maka BatteryCare akan secara otomatis terupdate.

8. BatteryCare sangat ringan dan tidak membebani resource komputer karena hanya membutuhkan sekitar 0,1% dari resource Processor dan Memory komputer anda.

Jika Anda membutuhkan software BatteryCare, Silakan download di http://uangdownload.com/download/3475/42615

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

    0 komentar:

    Post a Comment

    Terima kasih atas komentar Anda

     
    Duit Dari Handphone @2009 Gallery Template Ajah by ireng_ajah

    Supported Free Money Info and Product and Service | Banner code by Code-Code-an

    Best view with Mozilla Firefox