Anda tidak akan pernah sukses jika Anda tidak berani melangkah, tidak mau mengambil kesempatan dan selalu menunda untuk mencoba. Anda tidak akan pernah kaya tanpa resiko dan berusaha. Ini adalah fakta kehidupan

Saturday, January 04, 2014

Cara Belajar Membaca Al-Qur'an Cara Cepat

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT yang telah memberkahi saya dengan kemampuan membaca Al-Qur'an (wlaupun belum sempurna). Bagaimana dengan Anda?

Rasulullah SAW bersabda:

” Ibadah yang paling utama bagi umatku adalah membaca Al Quran ” dan Hidup dalam naungan Al Quran adalah untuk mendapatkan kedamaian dan keindahan dunia akhirat, karena sesungguhnya Al Quran adalah Pedoman hidup bagi setiap umat manusia yang setiap kejadian di dunia sudah tertulis di dalam Al Quran.

Belajar membaca alquran dengan baik juga memiliki manfaat yang banyak bagi kehidupan manusia. Waktu yang baik dalam membaca Al Quran adalah sebelum masuk waktu Shalat subuh dan setelah shalat Magrib.

Berikut Langkah-langkah Belajar Membaca Al-Qur'an:

  1. Pada mulanya kita harus bisa mengenal dan membaca huruf hijaiyyah yang jumlahnya ada 28 huruf. Membaca Al Quran sama hal kita belajar membaca huruf alphabet dan belajar membaca bahasa indonesia. Jika kita mengetahui dan dapat membaca 28 huruf hijaiyyah dengan benar, itu merupakan modal pertama untuk kita membaca Al Quran dengan baik. 
  2. Setelah dirasa mampu dan fasih dalam membaca huruf hijaiyyah, kemudian mempelajari dan memahami tanda baca dalam tiap ayat Al Quran seperti fathah, kasrah, dan dhomah. Ketiga tanda baca tersebut sama halnya dengan kita membaca dan mengeja tanda huruf vokal dalam bahasa indonesia.
  3. Kemudian setelah paham dengan tanda baca Al Quran, dilanjutkan dengan melafazkannya dengan mengetahui panjang pendeknya harkat yang harus dibaca. Selain tanda baca seperti fathah, kasrah dan dhomah, ada tanda baca lainnya yang harus diperhatikan seperti Mad Arid Lissukun, Mad Wajib Muttasil dll.
  4.  Kemudian yang paling penting berikutnya dalam membaca Al Quran adalah mengetahui tekhnik membaca Al Quran yang dikenal diantaranya seperti :
  • Idzhar, dibaca jelas. Jika huruf nun mati atau tanwin bertemu huruf idzhar yang enam (alif/hamzah, ha, Ha, 'ain, ghoin, dan kho) maka wajib dibaca jelas. 
  • Idgham, yaitu memasukan/meleburkan bunyi nun mati atau tanwin kedalam huruf idham (ada 6 huruf idgham yaitu ya, ro, mim, lam, nun dan wau). Idgham dibagi 2 yaitu idgham bigunnah dan idgham bilagunnah/ ghoir gunnah.
  • Ikhfa, yaitu dibaca samar. Jadi jika nun mati atau tanwin bertemu huruf ikhfa yang 15, wajib dibaca samar.
  • Iqlab, yaitu jika  nun mati atau tanwin bertemu huruf ba, maka wajib dibaca iqlab yaitu bunyi nun mati atau tanwin berubah menjadi seperti bunyi mim mati.

Al-Qur'an Digital Pen

Seiring perkembangan ilmu dan teknologi, telah diciptakan Al-Quran Digital Pen, yaitu belajar membaca Al-Qur'an dengan bantuan Pen yang dapat membaca Al-Qur'an. Cara kerjanya bisa Anda simak video berikut:



Ya, Al-Qur'an digital pen adalah solusi cara cepat belajar membaca dan menghafal Al-Qur'an.

Dengan memiliki alat ini belajar membaca Al-Qur an jelas menjadi lebih mudah, insya Alloh dengan sentuhan digital pen Quran, maka anda bisa membaca Al-Qur'an lebih baik.Aamiin.

Jika ingin mengetahui lebih detail tentang Digital Qur'an Pen silakan KLIK DISINI.

Demikian sharing kali ini, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar Anda

Survey Singkat dibayar MAHAL

Solusi Pembayaran - Pengganti Credit Card 486x60

 
Duit Dari Handphone @2009 Gallery Template Ajah by ireng_ajah

Supported Free Money Info and Product and Service | Banner code by Code-Code-an

Best view with Mozilla Firefox